Tuesday, May 6, 2008

KOMPOSISI

KOMPOSISI

Dalam komposisi menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan kontras. Semuanya akan kita terapkan dalam membuat karya seni.
Gambar dan lukisan yang baik adalah yang berhasil mengatur letak-letak dari setiap elemen karya yang ada, sehingga gambar atau lukisan tampak harmonis. Jadi, komposisi adalah pengaturan letak garis, bidang, warna, tekstur, ruang, bentuk, titik, dan gelap-terang menjadi sajian yang menarik dan enak dipandang. Dalam usaha mendapatkan komposisi yang baik, perlu diperhatikan faktor keseimbangan, kesatuan, irama, dan kontrastik.

a. Keseimbangan (balance)
Orang yang sakit kadang jalannya sempoyongan, karena kehilangan keseimbangannya. Begitu pula dengan bangunan rumah dan pohon-pohon besar akan roboh jika kehilangan keseimbangan. Pengaturan keseimbangan, dapat dilakukan dengan cara simetris atau asimetris.

b. Kesatuan (unity)
Setiap elemen memiliki hubungan keterkaitan yang mengarah kepada pusat perhatian (aksentuasi). Kesatuan dalam seni rupa dapat dibagi menjadi:
  1. Kesatuan garis
  2. Kesatuan warna
  3. Kesatuan bentuk
  4. Kesatuan bidang
  5. Kesatuan tekstur
  6. Kesatuan titik
  7. Kesatuan gelap-terang
c. Irama (ritmis)
Agar sebuah karya seni tidak membosankan, karya tersebut harus memiliki irama yang menyenangkan perasaan. Irama dalam musik ialah tinggi-rendah dan panjang-pendek suara yang silih berganti. Demikian juga dalam seni rupa dituntut adanya irama tebal-tipis, panjang-pendek, kuat-lemah, lurus-lengkung, dan gelap-terang.

d. Kontras
Kontras dalam arti negatif adalah berlawanan atau kontra. Dalam arti positif adalah peralihan mengejutkan yang diterapkan pada sebuah karya untuk menciptakan suasana ramai, ceria, maupun lincah. Contoh warna kontras merah dengan hijau, kuning dengan ungu, biru dengan jingga. Kontras pada garis, misalnya garis kuat dengan garis lemah. Gelap-terang yang mencolok dapat pula dikatakan kontras. Dalam komposisi warna, kontras akan sangat menarik dsn mengasyikan, jika penerapannya tepat pada tempatnya.


post: tedi iskandar
imajiku@gmail.com

No comments: